Menyuguhkan informasi BPJS Kesehatan terkini dari sudut pandang yang berbeda

Sabtu, 05 September 2015

Apa Itu JKN, BPJS, KIS, Inilah Penjelasannya

Sering kali masyarakat bingung membedakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Bada Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Menurut saya ini diakibatkan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, coba kita tengok luas wilayah negara indonesia begitu luas dan masih banyak yang belum bisa akses media televisi dan wajar juga jika masih banyak yang belum tau apa itu JKN, BPJS, dan KIS.

Nah tentu berbeda antara JKN, BPJS, dan KIS namun ada kaitanya.

Apa itu JKN? Inilah Penjelasannya

JKN singkatan dari Jaminan Kesehatan Nasional merupakan program jaminan kesehatan yang diluncurkan pada tahun 2014 yang bersifat universal dan menyeluruh. Di dalam JKN sudah termasuk, peserta yang membayar iuran, BPJS sebagai pengelola, dan fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan.

Apa itu jaminan kesehatan nasional

Apa itu BPJS? Inilah Penjelasannya

BPJS singakatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, dalam hal ini yang kita bahas adalah BPJS Kesehatan. BPJS adalah badan yang bertugas mengelola keuangan dan penjaminan dari program JKN.

Apa itu KIS? Inilah Penjelasannya

KIS singkatan dari Kartu Indonesia Sehat adalah kartu tanda peserta program JKN yang dikelola BPJS. Jadi KIS hanya kartu, bukan program yang menyelisihi program JKN.

Agar lebih mudah dipahami, kita bisa simpulkan JKN adalah programnya, BPJS adalah pengelolanya, dan KIS adalah kartunya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Itu JKN, BPJS, KIS, Inilah Penjelasannya

Tampilkan Komentar