Menyuguhkan informasi BPJS Kesehatan terkini dari sudut pandang yang berbeda

Selasa, 13 Oktober 2015

Apakah BPJS Kesehatan Berlaku Di Seluruh Indonesia?

Seseorang menanyakan seputar kenapa BPJS Kesehatan tidak bisa dipakai di berobat di seluruh Indonesia, berikut kutipan lengkapnya:

Cuma mau berusul
Kenapa pasien pemegang BPJS Mandiri ataupun yg PBI berobat ke Faskes 1 nya utk dibebaskan saja ?
biar tak sulit dan ribet dan karyawan bpjs pun juga tdk disibukan utk megurusi perpindahan faskes 1
toh masyarakat pasien bpjs sdh pd bijak memilih, kebanyakan memilih faskes 1 yg dekat dan lebih dekat dgn keberadaan tmpt tinggal nya.
salam BPJS

Tanggapan:
1. Penetapan Faskes 1 untuk pertama kalinya dipilihkan oleh BPJS Kesehatan untuk mengupayakan pemerataan akses ke PPK 1. Memang ada juga rekomendasi KPK bahwa untuk PBI dipilihkan ke Puskesmas. Tetapi prinsip berusaha dicarikan Faskes primer yang relatif dekat dengan peserta.

Kok kadang dapatnya jauh? Mari kita cek dulu, apakah tempat tinggal sesuai dengan KTP? Apakah sudah mendaftarkan dengan alamat domilisi (berbasis Surat Keterangan Domilisi)?

BPJS Kesehatan berkoordinasi dengan Dinkes dalam pemilihan Faskes primer untuk pertama kali. Setelah 3 bulan, peserta dapat memilih untuk berpindah ke Faskes primer yang dikehendaki.

2. Mengapa tidak boleh berobat ke sembarang Faskes primer? Kenapa berobat dengan BPJS tidak bisa langsung dipakai berobat di seluruh Indonesia?
Karena:
  • Pembayaran di Faskes primer adalah kapitasi, berdasarkan jumlah peserta yang dicakupnya. Menjadi tidak bisa dihitung bila peserta bebas berobat kemanapun.
  • Ada yang lebih esensial bahwa tugas PPK 1 sebenarnya tidak hanya soal mengobati. Tetapi juga mendorong preventif dan promotif (pencegahan dan peningkatan kesehatan). Karena itula ada peserta yang jelas, yang menjadi "sasaran binaannya". Tidak mudah menjalankan tugas preventif dan promotif ini, masih perlu belajar dan berproses bersama untuk mewujudkannya.
  • Untuk kondisi-kondisi tertentu seperti kegawatan dan layanan seperti persalinan, maka peserta dapat mendapatkan layanan di Faskes primer manapun tidak terikat dengan tempatnya terdaftar.


Jadi, itulah kenapa BPJS tidak bisa dipakai berobat di seluruh Indonesia. Demikian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apakah BPJS Kesehatan Berlaku Di Seluruh Indonesia?

Tampilkan Komentar