Menyuguhkan informasi BPJS Kesehatan terkini dari sudut pandang yang berbeda

Selasa, 30 Agustus 2016

Pap Smear BPJS Apakah Ditanggung Alias Gratis?

Apakah pemeriksaan pap smear dengan BPJS Kesehatan dapat ditanggung alias gratis?

Seseorang menanyakan bahwa kenapa faskes 1 tidak mengcover biaya pap smear, tapi setelah googling masalah pap smear, ternyata BPJS Kesehatan memberikan pap smear gratis untuk perempuan. Sebenarnya bagaimana prosedur pap smear gratis dengan BPJS Kesehatan?

Tanggapan:

Pap smear adalah uji lab untuk mendeteksi dini Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim, dan merupakan metode paling efektif untuk mencegahnya jika dilakukan secara rutin. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui adanya human papillomavirus (HPV) ataupun sel karsinoma penyebab Kanker Leher Rahim.

Pemeriksaan pap smear tidak dilakukan di faskes yang sekarang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan tapi khusus yang bekerjasama untuk pap smear saja. Jadi bedakan ya.

Pap smear gratis diselenggarakan oleh laboratorium / RS yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Masing-masing laboratorium / RS tersebut memiliki jadwal sendiri. Jika anda ingin tahu dan mengikuti program pap smear gratis dari BPJS Kesehatan, anda harus rajin mencari informasi di faskes atau lab di sekitar kediaman anda.

Atau anda bisa tanya ke kantor BPJS Kesehatan, tanya lab mana saja yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk pap smear. Kemudian silahkan ke lab tersebut, tanpa rujukan. Pastikan kondisi pasien memenuhi syarat untuk dilakukan tes pap smear.


Biasanya setiap tahun Laboratorium Klinik Prodia bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, mengadakan kegiatan pelayanan pemeriksaan Pap Smear gratis untuk membantu masyarakat Indonesia mendeteksi dan mencegah kanker serviks atau kanker leher rahim.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi langsung cabang Prodia terdekat Anda. Nomor telpon seluruh cabang Prodia, bisa anda lihat di sini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pap Smear BPJS Apakah Ditanggung Alias Gratis?

Tampilkan Komentar