Menyuguhkan informasi BPJS Kesehatan terkini dari sudut pandang yang berbeda

Rabu, 28 September 2016

Prosedur Penggunaan Layanan BPJS Kesehatan di Luar Kota

Jika saya mengalami sakit ketika di luar kota, apakah bisa menggunakan BPJS Kesehatan secara langsung di luar kota tersebut? Dan apakah benar jika BPJS Kesehatan hanya bisa digunakan di faskes 1 yang tertera di kartu BPJS saja?

Bapak / Ibu sekalian, inilah prosedur penggunaan layanan BPJS Kesehatan di luar kota :

Pertama-tama, perlu kita pahami bahwa program kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan berlaku diseluruh wilayah NKRI.

Namun ada prosedur tentang tata cara memperoleh pelayanan kesehatan dalam kondisi tertentu seperti ketika berada di luar kota atau luar wilayah faskes 1 dimana peserta terdaftar, seperti sedang berada di kota lain, bepergian ke provinsi lain, pulang kampung atau mudik lebaran dan tahun baru. Jika halnya seperti itu, maka prosedurnya seperti gambar berikut:

Via Buku Panduan Praktis BPJS Kesehatan

Prosedurnya berobat di faskes 1 dengan BPJS Kesehatan:
  1. Peserta harus memperoleh palayanan kesehatan di faskes tingkat 1 tempat peserta terdaftar, lihat kartu BPJS masing-masing.
  2. Tapi ketentuan di atas memiliki pengecualian, jika: berada di luar wilayah faskes tingkat 1 tempat peserta terdaftar; atau dalam kondisi gawat darurat.
  3. Kalau bukan gawat darurat tapi ingin berobat di luar wilayah atau dalam kondisi-kondisi tertentu seperti hari mudik lebaran atau tahun baru. Maka sampai di tujuan, silahkan langsung lapor ke Kantor Cabang BPJS, nanti akan diarahkan ke Faskes 1 terdekat.
Prosedur Penggunaan Layanan BPJS Kesehatan di Luar Kota
Contoh Surat Pengantar BPJS untuk penggunaan layanan BPJS Kesehatan di luar kota

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Prosedur Penggunaan Layanan BPJS Kesehatan di Luar Kota

Tampilkan Komentar